DEPARTEMEN
AGAMA
MADRASAH TSANAWIYAH …………………………….
Alamat :
……………………………………………
S I L A B U S 
Satuan Pendidikan          :  ……………………………. 
Mata Pelajaran                : 
Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
Kelas                               :  VII
Tahun Ajaran                  : ……………………………..
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Materi Pokok/ Pembelajaran 
 | 
  
   
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator  
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
Sumber Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   
Kelas VII Semester Ganjil   
Standar Kompetensi (Membaca) : 1. Memahami dan
  menjelaskan Adab (tatakrama) membaca, mendengarkan dan menghafal Al-Qur’an 
 | 
 ||||||||
| 
   
1.1.  Menjelaskan Adab membaca, mendengar-kan dan
  meng-hafal  Al qur’an  
 | 
  
   
Adab/tatakrama
  memba -ca, men-dengarkan dan menghafal  
  Al qur’an  
 | 
  
   
Siswa
  mampu menerapkan adab/tatkrama ketika membaca, mendengarkan dan menghafal Al
  qur’an.  
 | 
  
   
·     Mampu
  menjelas-kan Adab (tatakra-ma) dalam mem-baca, mendengar-kan dan menghafal
  Al-Qur’an. 
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Uraian
  singkat  
 | 
  
   
1.    
  Jelaskan adab membaca Al-qur’an ?  
2.    
  Jelaskan adab mendengarkan bacaaan
  Al-qur’an ?  
3.    
  Jelaskan adab menghafal Al-qur’an ?  
 | 
  
   
3
  x 40 menit 
 | 
  
   
Buku
  Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah  
Sumber
  lain yang relevan  
Yanbu’a 
 | 
 
| 
   
1.2.  Membaca ayat-ayat Al-qur’an yang berkaitan dengan
  tatakrama membaca, mendengar-kan dan menghafal Al qur’an 
 | 
  
   
Dalil
  naqli tentang mem-baca, men  -dengarkan
  dan meng-hafal Al-qur’an  
 | 
  
   
Siswa
  mampu membaca, mendengarkan dan menghafal 
  adab/tatakrama ketika membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an.  
 | 
  
   
·    
  Mampu membaca dalil naqli tentang
  adab membaca, mendengarkan dan menghafal Al-Qur'an 
·    
  Mampu mengarti-kan ayat-ayat
  Al-qur’an yang men-jelaskan tentang adab mem-baca, mendengarkan dan menghafal
  Al-qur’an  
 | 
  
   
Tes
  lisan 
Tes
  tulis 
Tes
  tulis  
Tes
  tulis  
 | 
  
   
Penugas-an 
Uraian
   
Uraian   
Uraian
   
 | 
  
   
1.    
  Bacalah ayat-ayat Al-qur’an tentang
  adab membaca, mendengarkan dan menghafal Al-qur’an dengan fasih dan benar ?  
2.    
  Tulislah ayat-ayat Al-qur’an tentang
  adab membaca Al-qur’an ?  
3.    
  Terjemahkan ayat-ayat Al-qur’an tentang
  adab mendengarkan bacaan Al-qur’an ?  
4.    
  Terjemahkan ayat-ayat Al-qur’an
  tentang adab menghafal Al-qur’an ? 
 | 
  
   
3
  x 40 menit 
 | 
  
   
Buku
  Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah  
Sumber
  lain yang relevan  
Yanbu’a 
 | 
 
| 
   
1.3. 
  Menampilkan perilaku yang sesuai
  de-ngan adab/ tatakrama ketika mem-baca, mende-ngarkan dan menghafal Al
  qur’an  
 | 
  
   | 
  
   
Siswa
  mendiskusi-kan  adab /tatakrama
  membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an.  
 | 
  
   
·    
  Mampu menjelas-kan hikmah/ keutamaan
  mem- baca, mendengar kan
  dan menghafal Al-qur’an  
·    
  Menampilkan adab / tatakrama mem-baca,
  mendengar-kan dan menghafal Al qur’an  
 | 
  
   
Tes tulis  
Tes unuuk kerja  
 | 
  
   
Uraian
   
Simulasi
   
 | 
  
   
Sebutkan
  5 hikmah/keutama-an membaca dan mendengar kan Al-qur’an ! 
Peragakan
  tatakrama mem-baca Al-qur’an yang baik dan benar !  
 | 
  
   
3x40
  menit  
 | 
  
   
Buku
  Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah  
Sumber
  lain yang relevan  
Yanbu’a 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi : 2. Memahami huruf hijaiyah  
 | 
 ||||||||
| 
   
2.1.
  Menjelaskan pengertian huruf dan hijaiyah 
 | 
  
   
Pengertian Huruf dan Hijaiyah  
 | 
  
   
Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik pengertian
  Huruf dan Hijaiyah,   
 | 
  
   
·    
  Mampu menjelaskan pengertian huruf  
 | 
  
   
Tes lisan  
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Jelaskan arti huruf dalam bahasa Arab ? 
 | 
  
   
3 x 40 menit  
 | 
  
   
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah  
Sumber lain yang relevan  
Yanbu’a 
 | 
 
| 
   
·    
  Mampu menjelaskan pengertian hijaiyah 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Pilihan ganda  
 | 
  
   
Secara bahasa arti
  hijaiyah adalah …. 
a. kata                  c. ejaan 
b. kalimat            d. huruf 
 | 
 |||||
| 
   
·    
  Menunjukkan perbedaan huruf dengan
  hijaiyah 
 | 
  
   
Unjuk kerja  
 | 
  
   
Jawaban singkat 
 | 
  
   
Jelaskan perbedaan huruf dengan hijaiyah ? 
 | 
 |||||
| 
   
8.1. 
  Mengucap-kan huruf-huruf Hijaiyah  
 | 
  
   
Huruf-huruf  Hijaiyah 
 | 
  
   
Siswa menunjukkan contoh lafal huruf serta mencari
  perbedaan huruf dan hijaiyah 
 | 
  
   
·    
  Mampu menyebutkan jumlah huruf
  hijaiyah 
·    
  Mampu melaflakan huruf-huruf hijaiyah
   
·        
  Melafalkan huruf hijaiyah yang dibaca
  pendek dan panjang 
 | 
  
   
Tes tulis 
Unjuk kerja  
Tes tulis 
Tes tulis 
 | 
  
   
Pilihan ganda 
Penugasan  
Pilihan ganda 
Penugasan 
 | 
  
   
1.    
  Jumlah huruf hijaiyah adalah  
       a. 27              c. 29 
       b. 28              d. 30 
2.    
  Jelaskan perbedaan cara pengucapan
  huruf Asmaul Huru, dengan Musammayatul Huruf  ? 
3.    
  Peragakan cara melaflakan huruf  
4.     Melekatkan ke dua bibir kuat-kuat, menghembuskan nafas
  sam-pai terhenti pada makhrajnya dan menimbul- kan suara, lalu menghentikan
  suara itu (jahar dan syiddah). Dan Posisi lidah merendah (istifal dan
  infitah).serta dalam keadaan sukun, dibaca memantul (qolqolah). Pernyataan
  tersebut cara melafalkan huruf ... 
        a. ب             c.ت 
        c.  ث           d. ج 
5.     Jelaskan perbedaan cara melafalkan huruf hijaiyah yang
  dibaca panjang dan pendek ! 
6.     Cari dan Lafalkan huruf-huruf hijaiyah berikut ini ! 
 | 
  
   
3x 40 menit 
 | 
  
   
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah  
Sumber lain yang relevan  
Yanbu’a 
 | 
 
| 
   
8.2. 
  Menuliskan huruf-huruf
  Hijaiyah  
 | 
  
   
Huruf
  hijaiyah yang  bersam-bung dan yang
  tidak bersam -bung   
 | 
  
   
Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik
  bentuk-bentuk huruf Hijaiyah  
 | 
  
   
·    
  Mampu menuliskan huruf-huruf hijaiyah
  dengan benar 
 | 
  
   
Unjuk Kerja  
 | 
  
   
Penugasan  
 | 
  
   
1.    
  Jelaskan sistem/cara menulis huruf hijaiyah dengan baik dan benar ?  
2.     Jelaskan penulisan huruf hijiayah yang bersambung dan
  tidak bersambung ? 
3.     Tulislah huruf hijiyah yang dapat disambung dan yang
  tidak dapat disambung ?  
4.     Tuliskan lima huruf hijaiyah yang cara pengucapannya
  di-pantulkan ketika sukun ? 
5.     Sambungkanlah huruf-huruf hijhaiyah berikut ini ?  
![]()  | 
  
   
3 x 40 menit  
 | 
  
   
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah  
Sumber lain yang relevan  
Yanbu’a 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi (Membaca ) :
  3. Memahami Tanda Baca Al-qur’an 
  (Harakat) 
 | 
 ||||||||
| 
   
3.1. 
  Menjelaskan arti tanda baca Al qur’an 
 | 
  
   
Tanda
  Baca Huruf Hijaiyah  
 | 
  
   
Siswa
  mmapu menjelskan tanda-tanda baca Al-qur’an  
 | 
  
   
·        
  Menjelaskan penger-tian tanda baca 
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Jawaban
  singkat  
 | 
  
   
Apakah
  arti tanda baca Al qur’an ?  
 | 
  
   
1x 40 menit 
1x 40 menit  
 | 
  
   
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah  
Sumber lain yang relevan  
Yanbu’a 
 | 
 
| 
   
·        
  Menunjukkan bentuk-bentuk tanda baca
  huruf-huruf hijaiyah 
 | 
  
   
Unjuk
  kerja  
 | 
  
   
Praktek 
 | 
  
   
Tunjukkan
  tanda baca Al qur’an pada surat
  Al ikhlas yang harus dibaca panjang ! 
 | 
 |||||
| 
   
3.2. 
  Menjelaskan sejarah munculnya tanda
  baca Al-qur’an   
 | 
  
   
Sejarah
  munculnya tanda baca Al-qur’an  
 | 
  
   
Siswa
  mampu menceritakan sejarah munculnya tanda baca Al-qur’an  
 | 
  
   
·        
  Menjelaskan sejarah munculnya tanda
  baca huruf hijaiyah  
 | 
  
   
Tes
  tulis  
 | 
  
   
Uraian
   
 | 
  
   
Jelaskan
  secara singkat sejarah munculnya tanda baca Al qur’an ?  
 | 
 ||
| 
   
3.3.  Menuliskan tanda-tanda baca Al qur’an (harakat) 
 | 
  
   
Tanda
  baca Al-qur’an  
 | 
  
   
Siswa
  mampu menuliskan tanda baca Al-qur’an  
 | 
  
   
·        
  Menuliskan tanda baca huruf hijaiyah  
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Uraian
   
 | 
  
   
Tulislah
  dan uraikan tanda baca pada kalimat  
 | 
  
   
1 x 40 menit  
2x 40 menit 
 | 
 |
| 
   
3.4. 
  Memperaktekkan tanda-tanda baca Al-qur’an
   
 | 
  
   | 
  
   
Siswa
  mampu menelaah dan mempelajari serta menerapkan tanda baca Al qur’an  
 | 
  
   
·        
  Menunjukkan contoh-contoh tanda baca
  Al qur’an pada surat-surat pendek   
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Identifikasi
   
 | 
  
   
Kelompokkan
  tanda baca Al qur’an pada QS. Al ‘Ashr :  
 | 
 ||
| 
   
Kelas VII, Semester Genap  
Standar Kompetensi (Tajwid) :
  4. Memahami makhorijul huruf hijaiyah 
 | 
 ||||||||
| 
   
4.1. 
  Menjelaskan pengertian makharijul
  huruf  
4.2. 
  Membedakan makharijul huruf Al Jauf,
  Al Halqu, Asy Syafatain dan Al Khaisym 
4.3. 
  Memperaktekkan makha -rijul huruf Al
  Jauf, Al Halqu, Asy Syafatain dan Al Khaisym 
 | 
  
   
Makharijul
  Huruf  
 | 
  
   
Siswa
  mampu menelaah menerapkan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an  
Siswa
  mampu membedakan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an 
Siswa
  mampu memperaktekkan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an 
 | 
  
   
· Mampu menjelaskan pengertian makhorijul huruf hijaiyah 
· Mampu
  menjelaskan pembagian makhorijul huruf 
· Mampu
  menyebutkan macam-macam makhorijul huruf 
 | 
  
   
Tes
  tulis  
 | 
  
   
Jawaban
  singkat  
 | 
  
   
1. 
  Ditinjau dari segi morfologi , arti makhraj adalah …  
2. 
  Pengertian makharijul hurf adalah ... 
3. 
  Pembagian makharijul huruf menurut pendapat ulama yang paling masyhur
  adalah . 
4. 
  Sebutkan macam-macam makharijul huruf dengan artinya ...  
 | 
  
   
2 x 40 menit  
2 x 40 menit 
 | 
  
   
Buku
  Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah  
Sumber
  lain yang relevan  
Yanbu’a 
 | 
 
| 
   
· .
  Mampu menjelaskan perbedaan makhraj Al-Jauf Al Halqu, Al lisan dan Asy
  syafatain serta Khaisyum  
· Menyebutkan
  huruf Al jauf , Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum  
 | 
  
   
Tes
  tulis 
Tes
  tulis  
 | 
  
   
Pilihan
  ganda  
Uraian
   
 | 
  
   
1.    
  Makharijul huruf yang keluar dari
  bibir disebut …  
2.    
  Jauf         c. halqi 
3.    
  Lisan       d. Syafatain 
4.    
  Huruf     ع  ح  ج
  termasuk makharijul huruf …  
a.       
  Syafatain      c. Lisan  
b.       
  Halqi            d. Al Jauf  
5.    
  Salah satu huruf hijaiyah yang keluar
  dari makhraj Al Jauf adalah  …  
a.       
  م              c.  ق 
b.  ب               d.  ي 
6.    
  Sebutkan perbedaan makharijul huruf
  Al Lisan dengan Khaisyum disertai huruf-hurufnya !  
 | 
 |||||
| 
   
· Memperaktekkan
  makharijul huruf Al Jauf, Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum
   
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Identifikasi
   
 | 
  
   
7. Bacalah huruf
  Hijaiyah sesuai dengan makharijul hurufnya masing-masing !  
8.  Kelompokkan makharijul huruf pada QS. Al
  Fatihah dengan baik dan benar ! 
 | 
  
   
2x 40 menit  
 | 
  
   
Buku
  Tajwid, Al-qur;an  
Yanbu’a 
 | 
 |||
| 
   
Standar Kompetensi : 5.
  Memahami sistem penulisan huruf hijaiyah  
 | 
 ||||||||
| 
   
5.1.
  Menjelaskan  system penulisan huruf
  hijaiyah 
 | 
  
   
Sistem
  penulisan Huruf 
hijaiyah 
 | 
  
   
Siswa
  mempelajari  sistem penulisan huruf
  bersambung dan tidak bersambung 
 | 
  
   
·    
  Mampu menuliskan bentuk-bentuk huruf
  hijaiyah 
 | 
  
   
Unjuk Kerja  
 | 
  
   
Identifikasi  
 | 
  
   
Tulislah bentuk-bentuk huruf yang terdapat dalam Al qur’an ! 
 | 
  
   
3 x 40 menit  
 | 
  
   
Buku Tajwid, Al-qur;an  
Yanbu’a  
 | 
 
| 
   
·    
  Mampu menjelaskan sistem penulisan
  huruf hijaiyah. 
 | 
  
   
Tes tulis  
 | 
  
   
Uraian  
 | 
  
   
Jelaskan sistem penulisan huruf hijaiyah ? 
 | 
 |||||
| 
   
·    
  Mampu mengidenti- fikasikan huruf
  hijaiyah yang dapat disambung dan tidak bersambung   
 | 
  
   
Unjuk kerja  
 | 
  
   
Identifikasi  
 | 
  
   
1.     Salinlah huruf-huruf hijaiyah
  yang dapat disambung kekiri dan kekanan ? 
2.     Salinlah  huruf yang dapat disambung ke kanan saja ! 
 | 
 |||||
| 
   
Mampu merangkai  
·    
  huruf-huruf hijaiyah bersambung dan
  tidak bersambung 
 | 
  
   
Unjuk Kerja  
 | 
  
   
Daftar isian  
 | 
  
   
Rangkaikan Huruf-huruf berikut ini :  
 | 
 |||||
| 
   
5.2. Menerapkan system penulisan
  huruf hijaiyah  
 | 
  
   
Siswa mempelajari, 
  menelaah dan memperaktekkan cara melafalkan huruf Hijaiyah dengan baik 
 | 
  
   
·    
  Menjelaskan perbedaan cara pengucapan
  hijaiyah 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Uraian  
 | 
  
   
Jelaskan perbedaan cara pengucapan hijaiyah ? 
 | 
  
   
3 x 40 menit  
 | 
  
   
Buku Tajwid, Al-qur;an  
Yanbu’a 
 | 
 |
| 
   
·    
  Memperaktekkan cara melafalkan huruf
  hijaiyah  
 | 
  
   
Tes
  perbuatan  
 | 
  
   
Daftar
  pertanyaan  
 | 
  
   
Bacalah
  huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan cara melafal-kannya dengan benar ! 
 | 
 |||||
| 
   
Standar Kompetensi : 6. Memahami Transliterasi Huruf
  Hijaiyah  
 | 
 ||||||||
| 
   
6.1. Menjelaskan pengertian transliterasi huruf hijaiyah  
6.2. Mempraktek- kan transli-terasi
  huruf hijaiyah 
 | 
  
   
Transliterasi
  huruf hijaiyah  
 | 
  
   
Siswa mampu menjelaskan transliterasi huruf-huruf
  hijaiyah  
Siswa mampu memperaktekkan transliterasi huruf-huruf
  hijaiyah 
 | 
  
   
·        
  Mampu menjelas-kan pengertian
  transliterasi huruf hijaiyah 
 | 
  
   
Tes
  lisan 
 | 
  
   
Jawaban
  singkat 
 | 
  
   
Apakah
  arti Transliterasi ?  
 | 
  
   
3 x 40 menit  
 | 
  
   
Buku Tajwid,  
Al-qur’an  
Yanbu’a 
 | 
 
| 
   
·        
  Mampu menjelas-kan tujuan
  trans-literasi huruf hijaiyah 
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Uraian 
 | 
  
   
Jelaskan
  tujuan transliterasi huruf hijaiyah ?  
 | 
 |||||
| 
   
·        
  Mampu memperak-tekkan transliterasi
  huruf hijaiyah 
 | 
  
   
Unjuk
  Kerja  
 | 
  
   
Praktek
   
 | 
  
   
Translit
  pernyataan di bawah ini! 
1.  “Buka Pintu” 
2.  
 | 
  
   
3 x 40 menit  
 | 
 ||||
            Mengetahui                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran BTQ
Kepala MTs Nurul Ikhsan
………………………………                                                                                                            …………………………….   

Komentar
Posting Komentar