DEPARTEMEN
AGAMA
MADRASAH TSANAWIYAH …………………………….
Alamat :
……………………………………………
S I L A B U S
Satuan Pendidikan : …………………………….
Mata Pelajaran :
Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
Kelas : VII
Tahun Ajaran : ……………………………..
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Kelas VII Semester Ganjil
Standar Kompetensi (Membaca) : 1. Memahami dan
menjelaskan Adab (tatakrama) membaca, mendengarkan dan menghafal Al-Qur’an
|
||||||||
1.1. Menjelaskan Adab membaca, mendengar-kan dan
meng-hafal Al qur’an
|
Adab/tatakrama
memba -ca, men-dengarkan dan menghafal
Al qur’an
|
Siswa
mampu menerapkan adab/tatkrama ketika membaca, mendengarkan dan menghafal Al
qur’an.
|
· Mampu
menjelas-kan Adab (tatakra-ma) dalam mem-baca, mendengar-kan dan menghafal
Al-Qur’an.
|
Tes
tulis
|
Uraian
singkat
|
1.
Jelaskan adab membaca Al-qur’an ?
2.
Jelaskan adab mendengarkan bacaaan
Al-qur’an ?
3.
Jelaskan adab menghafal Al-qur’an ?
|
3
x 40 menit
|
Buku
Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber
lain yang relevan
Yanbu’a
|
1.2. Membaca ayat-ayat Al-qur’an yang berkaitan dengan
tatakrama membaca, mendengar-kan dan menghafal Al qur’an
|
Dalil
naqli tentang mem-baca, men -dengarkan
dan meng-hafal Al-qur’an
|
Siswa
mampu membaca, mendengarkan dan menghafal
adab/tatakrama ketika membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an.
|
·
Mampu membaca dalil naqli tentang
adab membaca, mendengarkan dan menghafal Al-Qur'an
·
Mampu mengarti-kan ayat-ayat
Al-qur’an yang men-jelaskan tentang adab mem-baca, mendengarkan dan menghafal
Al-qur’an
|
Tes
lisan
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Penugas-an
Uraian
Uraian
Uraian
|
1.
Bacalah ayat-ayat Al-qur’an tentang
adab membaca, mendengarkan dan menghafal Al-qur’an dengan fasih dan benar ?
2.
Tulislah ayat-ayat Al-qur’an tentang
adab membaca Al-qur’an ?
3.
Terjemahkan ayat-ayat Al-qur’an tentang
adab mendengarkan bacaan Al-qur’an ?
4.
Terjemahkan ayat-ayat Al-qur’an
tentang adab menghafal Al-qur’an ?
|
3
x 40 menit
|
Buku
Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber
lain yang relevan
Yanbu’a
|
1.3.
Menampilkan perilaku yang sesuai
de-ngan adab/ tatakrama ketika mem-baca, mende-ngarkan dan menghafal Al
qur’an
|
|
Siswa
mendiskusi-kan adab /tatakrama
membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an.
|
·
Mampu menjelas-kan hikmah/ keutamaan
mem- baca, mendengar kan
dan menghafal Al-qur’an
·
Menampilkan adab / tatakrama mem-baca,
mendengar-kan dan menghafal Al qur’an
|
Tes tulis
Tes unuuk kerja
|
Uraian
Simulasi
|
Sebutkan
5 hikmah/keutama-an membaca dan mendengar kan Al-qur’an !
Peragakan
tatakrama mem-baca Al-qur’an yang baik dan benar !
|
3x40
menit
|
Buku
Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber
lain yang relevan
Yanbu’a
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami huruf hijaiyah
|
||||||||
2.1.
Menjelaskan pengertian huruf dan hijaiyah
|
Pengertian Huruf dan Hijaiyah
|
Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik pengertian
Huruf dan Hijaiyah,
|
·
Mampu menjelaskan pengertian huruf
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
Jelaskan arti huruf dalam bahasa Arab ?
|
3 x 40 menit
|
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a
|
·
Mampu menjelaskan pengertian hijaiyah
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Secara bahasa arti
hijaiyah adalah ….
a. kata c. ejaan
b. kalimat d. huruf
|
|||||
·
Menunjukkan perbedaan huruf dengan
hijaiyah
|
Unjuk kerja
|
Jawaban singkat
|
Jelaskan perbedaan huruf dengan hijaiyah ?
|
|||||
8.1.
Mengucap-kan huruf-huruf Hijaiyah
|
Huruf-huruf Hijaiyah
|
Siswa menunjukkan contoh lafal huruf serta mencari
perbedaan huruf dan hijaiyah
|
·
Mampu menyebutkan jumlah huruf
hijaiyah
·
Mampu melaflakan huruf-huruf hijaiyah
·
Melafalkan huruf hijaiyah yang dibaca
pendek dan panjang
|
Tes tulis
Unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Pilihan ganda
Penugasan
Pilihan ganda
Penugasan
|
1.
Jumlah huruf hijaiyah adalah
a. 27 c. 29
b. 28 d. 30
2.
Jelaskan perbedaan cara pengucapan
huruf Asmaul Huru, dengan Musammayatul Huruf ?
3.
Peragakan cara melaflakan huruf
![]()
4. Melekatkan ke dua bibir kuat-kuat, menghembuskan nafas
sam-pai terhenti pada makhrajnya dan menimbul- kan suara, lalu menghentikan
suara itu (jahar dan syiddah). Dan Posisi lidah merendah (istifal dan
infitah).serta dalam keadaan sukun, dibaca memantul (qolqolah). Pernyataan
tersebut cara melafalkan huruf ...
a. ب c.ت
c. ث d. ج
5. Jelaskan perbedaan cara melafalkan huruf hijaiyah yang
dibaca panjang dan pendek !
6. Cari dan Lafalkan huruf-huruf hijaiyah berikut ini !
|
3x 40 menit
|
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a
|
8.2.
Menuliskan huruf-huruf
Hijaiyah
|
Huruf
hijaiyah yang bersam-bung dan yang
tidak bersam -bung
|
Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik
bentuk-bentuk huruf Hijaiyah
|
·
Mampu menuliskan huruf-huruf hijaiyah
dengan benar
|
Unjuk Kerja
|
Penugasan
|
1.
Jelaskan sistem/cara menulis huruf hijaiyah dengan baik dan benar ?
2. Jelaskan penulisan huruf hijiayah yang bersambung dan
tidak bersambung ?
3. Tulislah huruf hijiyah yang dapat disambung dan yang
tidak dapat disambung ?
4. Tuliskan lima huruf hijaiyah yang cara pengucapannya
di-pantulkan ketika sukun ?
5. Sambungkanlah huruf-huruf hijhaiyah berikut ini ?
![]() |
3 x 40 menit
|
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a
|
Standar Kompetensi (Membaca ) :
3. Memahami Tanda Baca Al-qur’an
(Harakat)
|
||||||||
3.1.
Menjelaskan arti tanda baca Al qur’an
|
Tanda
Baca Huruf Hijaiyah
|
Siswa
mmapu menjelskan tanda-tanda baca Al-qur’an
|
·
Menjelaskan penger-tian tanda baca
|
Tes
tulis
|
Jawaban
singkat
|
Apakah
arti tanda baca Al qur’an ?
|
1x 40 menit
1x 40 menit
|
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a
|
·
Menunjukkan bentuk-bentuk tanda baca
huruf-huruf hijaiyah
|
Unjuk
kerja
|
Praktek
|
Tunjukkan
tanda baca Al qur’an pada surat
Al ikhlas yang harus dibaca panjang !
|
|||||
3.2.
Menjelaskan sejarah munculnya tanda
baca Al-qur’an
|
Sejarah
munculnya tanda baca Al-qur’an
|
Siswa
mampu menceritakan sejarah munculnya tanda baca Al-qur’an
|
·
Menjelaskan sejarah munculnya tanda
baca huruf hijaiyah
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
secara singkat sejarah munculnya tanda baca Al qur’an ?
|
||
3.3. Menuliskan tanda-tanda baca Al qur’an (harakat)
|
Tanda
baca Al-qur’an
|
Siswa
mampu menuliskan tanda baca Al-qur’an
|
·
Menuliskan tanda baca huruf hijaiyah
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Tulislah
dan uraikan tanda baca pada kalimat
![]() |
1 x 40 menit
2x 40 menit
|
|
3.4.
Memperaktekkan tanda-tanda baca Al-qur’an
|
|
Siswa
mampu menelaah dan mempelajari serta menerapkan tanda baca Al qur’an
|
·
Menunjukkan contoh-contoh tanda baca
Al qur’an pada surat-surat pendek
|
Tes
tulis
|
Identifikasi
|
Kelompokkan
tanda baca Al qur’an pada QS. Al ‘Ashr :
|
||
Kelas VII, Semester Genap
Standar Kompetensi (Tajwid) :
4. Memahami makhorijul huruf hijaiyah
|
||||||||
4.1.
Menjelaskan pengertian makharijul
huruf
4.2.
Membedakan makharijul huruf Al Jauf,
Al Halqu, Asy Syafatain dan Al Khaisym
4.3.
Memperaktekkan makha -rijul huruf Al
Jauf, Al Halqu, Asy Syafatain dan Al Khaisym
|
Makharijul
Huruf
|
Siswa
mampu menelaah menerapkan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an
Siswa
mampu membedakan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an
Siswa
mampu memperaktekkan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an
|
· Mampu menjelaskan pengertian makhorijul huruf hijaiyah
· Mampu
menjelaskan pembagian makhorijul huruf
· Mampu
menyebutkan macam-macam makhorijul huruf
|
Tes
tulis
|
Jawaban
singkat
|
1.
Ditinjau dari segi morfologi , arti makhraj adalah …
2.
Pengertian makharijul hurf adalah ...
3.
Pembagian makharijul huruf menurut pendapat ulama yang paling masyhur
adalah .
4.
Sebutkan macam-macam makharijul huruf dengan artinya ...
|
2 x 40 menit
2 x 40 menit
|
Buku
Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber
lain yang relevan
Yanbu’a
|
· .
Mampu menjelaskan perbedaan makhraj Al-Jauf Al Halqu, Al lisan dan Asy
syafatain serta Khaisyum
· Menyebutkan
huruf Al jauf , Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum
|
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Pilihan
ganda
Uraian
|
1.
Makharijul huruf yang keluar dari
bibir disebut …
2.
Jauf c. halqi
3.
Lisan d. Syafatain
4.
Huruf ع ح ج
termasuk makharijul huruf …
a.
Syafatain c. Lisan
b.
Halqi d. Al Jauf
5.
Salah satu huruf hijaiyah yang keluar
dari makhraj Al Jauf adalah …
a.
م c. ق
b. ب d. ي
6.
Sebutkan perbedaan makharijul huruf
Al Lisan dengan Khaisyum disertai huruf-hurufnya !
|
|||||
· Memperaktekkan
makharijul huruf Al Jauf, Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum
|
Tes
tulis
|
Identifikasi
|
7. Bacalah huruf
Hijaiyah sesuai dengan makharijul hurufnya masing-masing !
8. Kelompokkan makharijul huruf pada QS. Al
Fatihah dengan baik dan benar !
|
2x 40 menit
|
Buku
Tajwid, Al-qur;an
Yanbu’a
|
|||
Standar Kompetensi : 5.
Memahami sistem penulisan huruf hijaiyah
|
||||||||
5.1.
Menjelaskan system penulisan huruf
hijaiyah
|
Sistem
penulisan Huruf
hijaiyah
|
Siswa
mempelajari sistem penulisan huruf
bersambung dan tidak bersambung
|
·
Mampu menuliskan bentuk-bentuk huruf
hijaiyah
|
Unjuk Kerja
|
Identifikasi
|
Tulislah bentuk-bentuk huruf yang terdapat dalam Al qur’an !
|
3 x 40 menit
|
Buku Tajwid, Al-qur;an
Yanbu’a
|
·
Mampu menjelaskan sistem penulisan
huruf hijaiyah.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan sistem penulisan huruf hijaiyah ?
|
|||||
·
Mampu mengidenti- fikasikan huruf
hijaiyah yang dapat disambung dan tidak bersambung
|
Unjuk kerja
|
Identifikasi
|
1. Salinlah huruf-huruf hijaiyah
yang dapat disambung kekiri dan kekanan ?
2. Salinlah huruf yang dapat disambung ke kanan saja !
|
|||||
Mampu merangkai
·
huruf-huruf hijaiyah bersambung dan
tidak bersambung
|
Unjuk Kerja
|
Daftar isian
|
Rangkaikan Huruf-huruf berikut ini :
![]() |
|||||
5.2. Menerapkan system penulisan
huruf hijaiyah
|
Siswa mempelajari,
menelaah dan memperaktekkan cara melafalkan huruf Hijaiyah dengan baik
|
·
Menjelaskan perbedaan cara pengucapan
hijaiyah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan perbedaan cara pengucapan hijaiyah ?
|
3 x 40 menit
|
Buku Tajwid, Al-qur;an
Yanbu’a
|
|
·
Memperaktekkan cara melafalkan huruf
hijaiyah
|
Tes
perbuatan
|
Daftar
pertanyaan
|
Bacalah
huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan cara melafal-kannya dengan benar !
|
|||||
Standar Kompetensi : 6. Memahami Transliterasi Huruf
Hijaiyah
|
||||||||
6.1. Menjelaskan pengertian transliterasi huruf hijaiyah
6.2. Mempraktek- kan transli-terasi
huruf hijaiyah
|
Transliterasi
huruf hijaiyah
|
Siswa mampu menjelaskan transliterasi huruf-huruf
hijaiyah
Siswa mampu memperaktekkan transliterasi huruf-huruf
hijaiyah
|
·
Mampu menjelas-kan pengertian
transliterasi huruf hijaiyah
|
Tes
lisan
|
Jawaban
singkat
|
Apakah
arti Transliterasi ?
|
3 x 40 menit
|
Buku Tajwid,
Al-qur’an
Yanbu’a
|
·
Mampu menjelas-kan tujuan
trans-literasi huruf hijaiyah
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
tujuan transliterasi huruf hijaiyah ?
|
|||||
·
Mampu memperak-tekkan transliterasi
huruf hijaiyah
|
Unjuk
Kerja
|
Praktek
|
Translit
pernyataan di bawah ini!
1. “Buka Pintu”
2.
![]() |
3 x 40 menit
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran BTQ
Kepala MTs Nurul Ikhsan
……………………………… …………………………….
Komentar
Posting Komentar