DEPARTEMEN AGAMA
MADRASAH TSANAWIYAH …………………………….
Alamat : ……………………………………………

S I L A B U S

Satuan Pendidikan          :  …………………………….
Mata Pelajaran                :  Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
Kelas                               :  VII
Tahun Ajaran                  : ……………………………..


Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Kelas VII Semester Ganjil 
Standar Kompetensi (Membaca) : 1. Memahami dan menjelaskan Adab (tatakrama) membaca, mendengarkan dan menghafal Al-Qur’an

1.1.  Menjelaskan Adab membaca, mendengar-kan dan meng-hafal  Al qur’an
Adab/tatakrama memba -ca, men-dengarkan dan menghafal   Al qur’an
Siswa mampu menerapkan adab/tatkrama ketika membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an.
·     Mampu menjelas-kan Adab (tatakra-ma) dalam mem-baca, mendengar-kan dan menghafal Al-Qur’an.



Tes tulis
Uraian singkat
1.     Jelaskan adab membaca Al-qur’an ?
2.     Jelaskan adab mendengarkan bacaaan Al-qur’an ?
3.     Jelaskan adab menghafal Al-qur’an ?

3 x 40 menit
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a
1.2.  Membaca ayat-ayat Al-qur’an yang berkaitan dengan tatakrama membaca, mendengar-kan dan menghafal Al qur’an

Dalil naqli tentang mem-baca, men  -dengarkan dan meng-hafal Al-qur’an
Siswa mampu membaca, mendengarkan dan menghafal  adab/tatakrama ketika membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an.
·     Mampu membaca dalil naqli tentang adab membaca, mendengarkan dan menghafal Al-Qur'an


·     Mampu mengarti-kan ayat-ayat Al-qur’an yang men-jelaskan tentang adab mem-baca, mendengarkan dan menghafal Al-qur’an
Tes lisan



Tes tulis

Tes tulis


Tes tulis

Penugas-an



Uraian


Uraian 



Uraian
1.     Bacalah ayat-ayat Al-qur’an tentang adab membaca, mendengarkan dan menghafal Al-qur’an dengan fasih dan benar ?
2.     Tulislah ayat-ayat Al-qur’an tentang adab membaca Al-qur’an ?
3.     Terjemahkan ayat-ayat Al-qur’an tentang adab mendengarkan bacaan Al-qur’an ?
4.     Terjemahkan ayat-ayat Al-qur’an tentang adab menghafal Al-qur’an ?
3 x 40 menit
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a
1.3.  Menampilkan perilaku yang sesuai de-ngan adab/ tatakrama ketika mem-baca, mende-ngarkan dan menghafal Al qur’an

Siswa mendiskusi-kan  adab /tatakrama membaca, mendengarkan dan menghafal Al qur’an.
·     Mampu menjelas-kan hikmah/ keutamaan mem- baca, mendengar kan dan menghafal Al-qur’an

·     Menampilkan adab / tatakrama mem-baca, mendengar-kan dan menghafal Al qur’an
Tes tulis





Tes unuuk kerja
Uraian





Simulasi
Sebutkan 5 hikmah/keutama-an membaca dan mendengar kan Al-qur’an !



Peragakan tatakrama mem-baca Al-qur’an yang baik dan benar !
3x40 menit
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a

Standar Kompetensi : 2. Memahami huruf hijaiyah

2.1. Menjelaskan pengertian huruf dan hijaiyah





Pengertian Huruf dan Hijaiyah
Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik pengertian Huruf dan Hijaiyah, 




·     Mampu menjelaskan pengertian huruf

Tes lisan
Jawaban singkat
Jelaskan arti huruf dalam bahasa Arab ?
3 x 40 menit
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a
·     Mampu menjelaskan pengertian hijaiyah

Tes tulis
Pilihan ganda
Secara bahasa arti hijaiyah adalah ….
a. kata                  c. ejaan
b. kalimat            d. huruf
·     Menunjukkan perbedaan huruf dengan hijaiyah
Unjuk kerja
Jawaban singkat
Jelaskan perbedaan huruf dengan hijaiyah ?
8.1.  Mengucap-kan huruf-huruf Hijaiyah

Huruf-huruf  Hijaiyah
Siswa menunjukkan contoh lafal huruf serta mencari perbedaan huruf dan hijaiyah
·     Mampu menyebutkan jumlah huruf hijaiyah

·     Mampu melaflakan huruf-huruf hijaiyah






















·         Melafalkan huruf hijaiyah yang dibaca pendek dan panjang


Tes tulis
Unjuk kerja





Tes tulis








Tes tulis
Pilihan ganda

Penugasan








Pilihan ganda













Penugasan


1.     Jumlah huruf hijaiyah adalah
       a. 27              c. 29
       b. 28              d. 30
2.     Jelaskan perbedaan cara pengucapan huruf Asmaul Huru, dengan Musammayatul Huruf  ?

3.     Peragakan cara melaflakan huruf
  

4.     Melekatkan ke dua bibir kuat-kuat, menghembuskan nafas sam-pai terhenti pada makhrajnya dan menimbul- kan suara, lalu menghentikan suara itu (jahar dan syiddah). Dan Posisi lidah merendah (istifal dan infitah).serta dalam keadaan sukun, dibaca memantul (qolqolah). Pernyataan tersebut cara melafalkan huruf ...
        a. ب             c.ت
        c.  ث           d. ج
5.     Jelaskan perbedaan cara melafalkan huruf hijaiyah yang dibaca panjang dan pendek !
6.     Cari dan Lafalkan huruf-huruf hijaiyah berikut ini !
3x 40 menit




Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a
8.2.  Menuliskan huruf-huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah yang  bersam-bung dan yang tidak bersam -bung 
Siswa mempelajari dan menelaah dengan baik bentuk-bentuk huruf Hijaiyah

·     Mampu menuliskan huruf-huruf hijaiyah dengan benar
Unjuk Kerja
Penugasan
1.     Jelaskan sistem/cara menulis huruf hijaiyah dengan baik dan benar ?
2.     Jelaskan penulisan huruf hijiayah yang bersambung dan tidak bersambung ?
3.     Tulislah huruf hijiyah yang dapat disambung dan yang tidak dapat disambung ?
4.     Tuliskan lima huruf hijaiyah yang cara pengucapannya di-pantulkan ketika sukun ?
5.     Sambungkanlah huruf-huruf hijhaiyah berikut ini ?
3 x 40 menit
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a
Standar Kompetensi (Membaca ) : 3. Memahami Tanda Baca Al-qur’an  (Harakat)
3.1.  Menjelaskan arti tanda baca Al qur’an



Tanda Baca Huruf Hijaiyah
Siswa mmapu menjelskan tanda-tanda baca Al-qur’an
·         Menjelaskan penger-tian tanda baca
Tes tulis
Jawaban singkat
Apakah arti tanda baca Al qur’an ?
1x 40 menit





1x 40 menit
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a
·         Menunjukkan bentuk-bentuk tanda baca huruf-huruf hijaiyah

Unjuk kerja
Praktek
Tunjukkan tanda baca Al qur’an pada surat Al ikhlas yang harus dibaca panjang !
3.2.  Menjelaskan sejarah munculnya tanda baca Al-qur’an 

Sejarah munculnya tanda baca Al-qur’an
Siswa mampu menceritakan sejarah munculnya tanda baca Al-qur’an
·         Menjelaskan sejarah munculnya tanda baca huruf hijaiyah

Tes tulis
Uraian
Jelaskan secara singkat sejarah munculnya tanda baca Al qur’an ?
3.3.  Menuliskan tanda-tanda baca Al qur’an (harakat)

Tanda baca Al-qur’an
Siswa mampu menuliskan tanda baca Al-qur’an
·         Menuliskan tanda baca huruf hijaiyah
Tes tulis
Uraian
Tulislah dan uraikan tanda baca pada kalimat
1 x 40 menit




2x 40 menit
3.4.  Memperaktekkan tanda-tanda baca Al-qur’an


Siswa mampu menelaah dan mempelajari serta menerapkan tanda baca Al qur’an
·         Menunjukkan contoh-contoh tanda baca Al qur’an pada surat-surat pendek 
Tes tulis
Identifikasi
Kelompokkan tanda baca Al qur’an pada QS. Al ‘Ashr :

Kelas VII, Semester Genap
Standar Kompetensi (Tajwid) : 4. Memahami makhorijul huruf hijaiyah

4.1.  Menjelaskan pengertian makharijul huruf







4.2.  Membedakan makharijul huruf Al Jauf, Al Halqu, Asy Syafatain dan Al Khaisym











4.3.  Memperaktekkan makha -rijul huruf Al Jauf, Al Halqu, Asy Syafatain dan Al Khaisym
Makharijul Huruf
Siswa mampu menelaah menerapkan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an





Siswa mampu membedakan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an















Siswa mampu memperaktekkan Makharijul huruf ketika membaca Al qur’an
· Mampu menjelaskan pengertian makhorijul huruf hijaiyah
· Mampu menjelaskan pembagian makhorijul huruf
· Mampu menyebutkan macam-macam makhorijul huruf
Tes tulis
Jawaban singkat
1.  Ditinjau dari segi morfologi , arti makhraj adalah …
2.  Pengertian makharijul hurf adalah ...
3.  Pembagian makharijul huruf menurut pendapat ulama yang paling masyhur adalah .
4.  Sebutkan macam-macam makharijul huruf dengan artinya ...
2 x 40 menit









2 x 40 menit
Buku Tajwid, Al-qur;an dan Terjemah
Sumber lain yang relevan
Yanbu’a
· . Mampu menjelaskan perbedaan makhraj Al-Jauf Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum
· Menyebutkan huruf Al jauf , Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum








Tes tulis











Tes tulis
Pilihan ganda










Uraian
1.     Makharijul huruf yang keluar dari bibir disebut …
2.     Jauf         c. halqi
3.     Lisan       d. Syafatain
4.     Huruf     ع  ح  ج termasuk makharijul huruf …
a.        Syafatain      c. Lisan
b.        Halqi            d. Al Jauf
5.     Salah satu huruf hijaiyah yang keluar dari makhraj Al Jauf adalah 
a.        م              c.  ق
b.  ب               d.  ي
6.     Sebutkan perbedaan makharijul huruf Al Lisan dengan Khaisyum disertai huruf-hurufnya !
· Memperaktekkan makharijul huruf Al Jauf, Al Halqu, Al lisan dan Asy syafatain serta Khaisyum

Tes tulis
Identifikasi
7. Bacalah huruf Hijaiyah sesuai dengan makharijul hurufnya masing-masing !
8.  Kelompokkan makharijul huruf pada QS. Al Fatihah dengan baik dan benar !









 
2x 40 menit
Buku Tajwid, Al-qur;an
Yanbu’a

Standar Kompetensi : 5. Memahami sistem penulisan huruf hijaiyah

5.1. Menjelaskan  system penulisan huruf hijaiyah

Sistem penulisan Huruf
hijaiyah


Siswa mempelajari  sistem penulisan huruf bersambung dan tidak bersambung

·     Mampu menuliskan bentuk-bentuk huruf hijaiyah
Unjuk Kerja
Identifikasi
Tulislah bentuk-bentuk huruf yang terdapat dalam Al qur’an !
3 x 40 menit
Buku Tajwid, Al-qur;an
Yanbu’a
·     Mampu menjelaskan sistem penulisan huruf hijaiyah.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan sistem penulisan huruf hijaiyah ?
·     Mampu mengidenti- fikasikan huruf hijaiyah yang dapat disambung dan tidak bersambung 
Unjuk kerja


Identifikasi
1.     Salinlah huruf-huruf hijaiyah yang dapat disambung kekiri dan kekanan ?
2.     Salinlah  huruf yang dapat disambung ke kanan saja !
Mampu merangkai
·     huruf-huruf hijaiyah bersambung dan tidak bersambung


Unjuk Kerja
Daftar isian
Rangkaikan Huruf-huruf berikut ini :
5.2. Menerapkan system penulisan huruf hijaiyah
Siswa mempelajari,  menelaah dan memperaktekkan cara melafalkan huruf Hijaiyah dengan baik
·     Menjelaskan perbedaan cara pengucapan hijaiyah

Tes tulis

Uraian
Jelaskan perbedaan cara pengucapan hijaiyah ?
3 x 40 menit
Buku Tajwid, Al-qur;an
Yanbu’a
·     Memperaktekkan cara melafalkan huruf hijaiyah
Tes perbuatan
Daftar pertanyaan
Bacalah huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan cara melafal-kannya dengan benar !


Standar Kompetensi : 6. Memahami Transliterasi Huruf Hijaiyah

6.1. Menjelaskan pengertian transliterasi huruf hijaiyah





6.2. Mempraktek- kan transli-terasi huruf hijaiyah

Transliterasi huruf hijaiyah
Siswa mampu menjelaskan transliterasi huruf-huruf hijaiyah





Siswa mampu memperaktekkan transliterasi huruf-huruf hijaiyah
·         Mampu menjelas-kan pengertian transliterasi huruf hijaiyah

Tes lisan
Jawaban singkat
Apakah arti Transliterasi ?
3 x 40 menit
Buku Tajwid,
Al-qur’an
Yanbu’a
·         Mampu menjelas-kan tujuan trans-literasi huruf hijaiyah

Tes tulis
Uraian
Jelaskan tujuan transliterasi huruf hijaiyah ?
·         Mampu memperak-tekkan transliterasi huruf hijaiyah
Unjuk Kerja
Praktek
Translit pernyataan di bawah ini!
1.  “Buka Pintu”
2.
3 x 40 menit






            Mengetahui                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran BTQ
Kepala MTs Nurul Ikhsan




………………………………                                                                                                            …………………………….  
                                                                                                   





                                                                                                                       

Komentar