DEPARTEMEN
AGAMA
MADRASAH TSANAWIYAH ……………………………
Alamat: ………………………………………….
S I L A B U S 
Satuan Pendidikan          :  MTs ………………….
Mata Pelajaran                : 
Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
Kelas/Semester                : VIII/1
Tahun Ajaran                  : ………………………..
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi Pokok/
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator  
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh
  Instrumen 
 | 
 ||||||
| 
   
Kelas VIII, Semester Ganjil  
Standar Kompetensi : 1. Memahami hokum bacaan Nun Mati dan Tanwin  
 | 
 ||||||||
| 
   
1.1. 
  Menjelaskan hokum bacaan Nun Mati
  Tanwin   
 | 
  
   
Hukum bacaan Nun Mati dan Tanwin  
 | 
  
   
Siswa mampu menjelaskan pengertian Nun mati dan tanwin  
Menyebutkan pembagian hukum bacaan Nun mati dan Tanwin  
Menjelaskan hukum pembagian nun mati dan tnawin  
 | 
  
   
*  
  Mampu menjelaskan perbedaan nun mati dengan tanwin  
 | 
  
   
Tes lisan  
 | 
  
   
Jawaban singkat  
 | 
  
   
1.    
  Jelaskan arti nun mati dan tanwin  
2.    
  Sebutkan macam-macam tanwin  
 | 
  
   
2 x 40 menit  
 | 
  
   
Buku Tajwid,  
Al-qur’an  
Yanbu’a 
 | 
 
| 
   
*   Menyebutkan pemba-gian hukum
  nun mati dan tanwin  
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
3.    
  Sebutkan hukum pembagian hukum nun 
  mati dan tanwin  
 | 
 |||||
| 
   
·      
  Menjelaskan perbedaan hukum bacaan Idzhar, idgham, iqlab dan ikhfa 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
4.   
  Jelaskan hukum bacaan idzhar disertai contohnya !  
5.   
  Jelaskan arti hukum bacaan idgham disertai bagian-bagian dan contohnya ! 
6.   
  Jelaskan arti hukum bacaan iqlab disertai contohnya ! 
7.   
  Jelaskan arti hukum bacaan ikhfa disertai contohnya ! 
 | 
  
   
2 x 40 menit  
 | 
 ||||
| 
   
*  Menyebutkan huruf-huruf idzhar,
  idgam, iqlab dan ikhfa  
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Tes tulis  
 | 
  
   
8.    
  Sebutkan huruf idzhar, idgham, iqlab dan ikhfa  
 | 
 |||||
| 
   
1.2.  Menerapkan hokum baca an Nun Mati/Tanwin dengan baik
  dan benar   
 | 
  
   
Siswa
  mampu memperaktekkan hokum bacaan Nun Mati/Tanwin pada surat-surat pendek. 
 | 
  
   
·      
  Mengidnetifikasi hokum bacaan nun
  mati dan tanwin pada al-Qur’an 
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Uraian
   
Identifikasi
   
 | 
  
   
9.    Jelaskan hokum bacaan nun mati dan tanwin
  pada QS. Al Fatihah ! 
10.   Identifikasikan hokum bacaan idzhar,
  Idgham, Iqlab dan Ikhfa pada QS. Al ‘Ala  
 | 
 |||
| 
   
Standar Kompetensi : 2. Memahami
  bacaan tafhim, tarqiq pada Lam Jalalah  
 | 
 ||||||||
| 
   
2.1. 
  Menjelaskan Hukum baca- an Tafkhim
  dan Tarqiq pada Lafdzul Jalalah 
 | 
  
   
Bacaan
  tarqiq dan tafhim pada Lamul Jalalah  
 | 
  
   
Siswa
  mampu menjelaskan hokum bacaan tafkhim dan tarqiq pada  lamul jalalah dengan baik dan benar 
 Siswa mampu memperaktekkan hokum bacaan
  tafkhim dan tarqiq pada  lamul jalalah
  dengan baik dan benar 
 | 
  
   
·  Menjelaskan
  pengertian Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar 
·  Menuliskan
  contoh Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar 
 | 
  
   
Tes
  lisan  
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Jawaban
  singkat  
Uraian
   
 | 
  
   
1.    
  Apakah perbedaan arti tafkhim dan tarqiqi ? 
2.    
  Sebutkan alasannya lamul jalalah yang dibaca tafkhimm dan tarqiq  
3.    
  Tulislah contoh lamul jalalah yang dibaca tafkhim dan tarqiq 
 | 
  
   
2 x 40 menit  
 | 
  
   
Buku Tajwid,  
Al-qur;an  
Yanbu’a lain yang  
 | 
 
| 
   
2..2. Memperak-tekkan Hukum bacaan Tafkhim dan
  Tarqiq pada Lafdzul Jalalah 
 | 
  
   
·  Melafalkan contoh Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul
  Jalalah dengan benar 
 | 
  
   
Tes
  tulis  
 | 
  
   
Unjuk
  kerja  
 | 
  
   
4.    
  Bacalah hokum bacaan Lamul Jalalah
  yang dibaca Tafkhim dan Tarqiq  
5.    
  Kelompokkan lamul jalalah pada QS. Al Fatihah dengan tepat ! 
 | 
  
   
2 x 40 menit  
 | 
 |||
| 
   
Standar
  Kompetensi (Membaca) : 3. Menerapkan
  hokum bacaan qalqalah dan Ra   
 | 
 ||||||||
| 
   
3.1.  Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra
  dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar 
 | 
  
   
Hukum bacaan qalqalah dan Ra 
 | 
  
   
Siswa membaca dan
  menelah berbagai iteratur tentang hukum bacaan
  qalqalah dan Ra hingga dapat menjelaskannya. 
 | 
  
   
·      Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah dan Ra. 
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Uraian 
 | 
  
   
1. Jelaskan
  pengertian hukum bacaan qalqalah dan Ra ! 
 | 
  
   
1 x 40 menit  
 | 
  
   
Al-Qur’an
  & terjemah 
 Buku Tajwid 
 CD muratal 
 | 
 
| 
   
·    
  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan
  qalqalah dan Ra 
·    
  Menyebutkan contoh-contohnya. 
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Uraian 
 | 
  
   
1. Jelaskan
  macam-macam hukum bacaan qalqalah, Ra dan sebutkan contohnya masing-masing! 
 | 
  
   
2 x 40 menit  
 | 
 ||||
| 
   
3.2.  Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan RA
  dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar 
 | 
  
   
Siswa
  membaca surat-surat pendek dalam al-Quran untuk dapat menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dengan benar. 
 | 
  
   
·    
  Membaca bacaan qalqalah dan Ra dengan
  benar. 
 | 
  
   
Tes
  unjuk kerja 
 | 
  
   
Praktik 
 | 
  
   
1. Bacalah potongan
  ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan hukum bacaan qalqalah dan Ra : 
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ 
حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ 
وَاْلعَادِيَاتِ ضَبْحًا
  يَوْمَ 
 تُبْلَى السَّرَائِرُ 
 | 
  
   
3
  x 40 menit 
 | 
  
   
Al-Qur’an  
Buku Tajwid 
Yanbu’a 
 | 
 |
| 
   
Standar
  kompetensi: 4.
  Menghafal al-Qur’an al-surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha
  Annas-al-Asyr 
 | 
 ||||||||
| 
   
10.1. Menghafal al-Qur’an al-surat-surat pendek Annas sampai Attakatsur 
 | 
  
   
Hafalan juz ‘ama 
 | 
  
   
Siswa mampu menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Annas sampai
  Attakatsur  
 | 
  
   
Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Annas sampai Attakatsur
   
 | 
  
   
Tes hafalan 
 | 
  
   
Praktek 
 | 
  
   
Bacalah al-Qur’an surat-surat pendek: Annas sampai
  Attakatsur 
 | 
  
   
6x
  40 menit 
 | 
  
   
Juz Amma, al-Qur’an 
 | 
 
             Mengetahui                                                                         
                                                                               Guru Mata Pelajaran BTQ
 Kepala MTs ………………..
          ………………………….                                                                                                                                            …………………………….
          NIP. 150 282 601
Komentar
Posting Komentar