
MADRASAH TSANAWIYAH ……………………………
Alamat: ………………………………………….
S I L A B U S
Satuan Pendidikan : MTs ………………….
Mata Pelajaran :
Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
Kelas/Semester : VIII/1
Tahun Ajaran : ………………………..
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Kelas VIII, Semester Ganjil
Standar Kompetensi : 1. Memahami hokum bacaan Nun Mati dan Tanwin
|
||||||||
1.1.
Menjelaskan hokum bacaan Nun Mati
Tanwin
|
Hukum bacaan Nun Mati dan Tanwin
|
Siswa mampu menjelaskan pengertian Nun mati dan tanwin
Menyebutkan pembagian hukum bacaan Nun mati dan Tanwin
Menjelaskan hukum pembagian nun mati dan tnawin
|
*
Mampu menjelaskan perbedaan nun mati dengan tanwin
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan arti nun mati dan tanwin
2.
Sebutkan macam-macam tanwin
|
2 x 40 menit
|
Buku Tajwid,
Al-qur’an
Yanbu’a
|
* Menyebutkan pemba-gian hukum
nun mati dan tanwin
|
Tes tulis
|
Tes tulis
|
3.
Sebutkan hukum pembagian hukum nun
mati dan tanwin
|
|||||
·
Menjelaskan perbedaan hukum bacaan Idzhar, idgham, iqlab dan ikhfa
|
Tes tulis
|
Tes tulis
|
4.
Jelaskan hukum bacaan idzhar disertai contohnya !
5.
Jelaskan arti hukum bacaan idgham disertai bagian-bagian dan contohnya !
6.
Jelaskan arti hukum bacaan iqlab disertai contohnya !
7.
Jelaskan arti hukum bacaan ikhfa disertai contohnya !
|
2 x 40 menit
|
||||
* Menyebutkan huruf-huruf idzhar,
idgam, iqlab dan ikhfa
|
Tes tulis
|
Tes tulis
|
8.
Sebutkan huruf idzhar, idgham, iqlab dan ikhfa
|
|||||
1.2. Menerapkan hokum baca an Nun Mati/Tanwin dengan baik
dan benar
|
Siswa
mampu memperaktekkan hokum bacaan Nun Mati/Tanwin pada surat-surat pendek.
|
·
Mengidnetifikasi hokum bacaan nun
mati dan tanwin pada al-Qur’an
|
Tes
tulis
|
Uraian
Identifikasi
|
9. Jelaskan hokum bacaan nun mati dan tanwin
pada QS. Al Fatihah !
10. Identifikasikan hokum bacaan idzhar,
Idgham, Iqlab dan Ikhfa pada QS. Al ‘Ala
|
|||
Standar Kompetensi : 2. Memahami
bacaan tafhim, tarqiq pada Lam Jalalah
|
||||||||
2.1.
Menjelaskan Hukum baca- an Tafkhim
dan Tarqiq pada Lafdzul Jalalah
|
Bacaan
tarqiq dan tafhim pada Lamul Jalalah
|
Siswa
mampu menjelaskan hokum bacaan tafkhim dan tarqiq pada lamul jalalah dengan baik dan benar
Siswa mampu memperaktekkan hokum bacaan
tafkhim dan tarqiq pada lamul jalalah
dengan baik dan benar
|
· Menjelaskan
pengertian Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar
· Menuliskan
contoh Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Jawaban
singkat
Uraian
|
1.
Apakah perbedaan arti tafkhim dan tarqiqi ?
2.
Sebutkan alasannya lamul jalalah yang dibaca tafkhimm dan tarqiq
3.
Tulislah contoh lamul jalalah yang dibaca tafkhim dan tarqiq
|
2 x 40 menit
|
Buku Tajwid,
Al-qur;an
Yanbu’a lain yang
|
2..2. Memperak-tekkan Hukum bacaan Tafkhim dan
Tarqiq pada Lafdzul Jalalah
|
· Melafalkan contoh Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul
Jalalah dengan benar
|
Tes
tulis
|
Unjuk
kerja
|
4.
Bacalah hokum bacaan Lamul Jalalah
yang dibaca Tafkhim dan Tarqiq
5.
Kelompokkan lamul jalalah pada QS. Al Fatihah dengan tepat !
|
2 x 40 menit
|
|||
Standar
Kompetensi (Membaca) : 3. Menerapkan
hokum bacaan qalqalah dan Ra
|
||||||||
3.1. Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra
dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar
|
Hukum bacaan qalqalah dan Ra
|
Siswa membaca dan
menelah berbagai iteratur tentang hukum bacaan
qalqalah dan Ra hingga dapat menjelaskannya.
|
· Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah dan Ra.
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan
pengertian hukum bacaan qalqalah dan Ra !
|
1 x 40 menit
|
Al-Qur’an
& terjemah
Buku Tajwid
CD muratal
|
·
Menjelaskan macam-macam hukum bacaan
qalqalah dan Ra
·
Menyebutkan contoh-contohnya.
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan
macam-macam hukum bacaan qalqalah, Ra dan sebutkan contohnya masing-masing!
|
2 x 40 menit
|
||||
3.2. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan RA
dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar
|
Siswa
membaca surat-surat pendek dalam al-Quran untuk dapat menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dengan benar.
|
·
Membaca bacaan qalqalah dan Ra dengan
benar.
|
Tes
unjuk kerja
|
Praktik
|
1. Bacalah potongan
ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan hukum bacaan qalqalah dan Ra :
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ
حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
وَاْلعَادِيَاتِ ضَبْحًا
يَوْمَ
تُبْلَى السَّرَائِرُ
|
3
x 40 menit
|
Al-Qur’an
Buku Tajwid
Yanbu’a
|
|
Standar
kompetensi: 4.
Menghafal al-Qur’an al-surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha
Annas-al-Asyr
|
||||||||
10.1. Menghafal al-Qur’an al-surat-surat pendek Annas sampai Attakatsur
|
Hafalan juz ‘ama
|
Siswa mampu menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Annas sampai
Attakatsur
|
Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Annas sampai Attakatsur
|
Tes hafalan
|
Praktek
|
Bacalah al-Qur’an surat-surat pendek: Annas sampai
Attakatsur
|
6x
40 menit
|
Juz Amma, al-Qur’an
|
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran BTQ
Kepala MTs ………………..
…………………………. …………………………….
NIP. 150 282 601
Komentar
Posting Komentar