Silabus kelas 8



DEPARTEMEN AGAMA
MADRASAH TSANAWIYAH ……………………………
Alamat: ………………………………………….

S I L A B U S

Satuan Pendidikan          :  MTs ………………….
Mata Pelajaran                :  Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
Kelas/Semester                : VIII/1
Tahun Ajaran                  : ………………………..


Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Kelas VIII, Semester Ganjil
Standar Kompetensi : 1. Memahami hokum bacaan Nun Mati dan Tanwin

1.1.  Menjelaskan hokum bacaan Nun Mati Tanwin 

Hukum bacaan Nun Mati dan Tanwin
Siswa mampu menjelaskan pengertian Nun mati dan tanwin
Menyebutkan pembagian hukum bacaan Nun mati dan Tanwin
Menjelaskan hukum pembagian nun mati dan tnawin

*   Mampu menjelaskan perbedaan nun mati dengan tanwin
Tes lisan
Jawaban singkat
1.     Jelaskan arti nun mati dan tanwin

2.     Sebutkan macam-macam tanwin

2 x 40 menit
Buku Tajwid,
Al-quran
Yanbu’a
*   Menyebutkan pemba-gian hukum nun mati dan tanwin
Tes tulis
Tes tulis
3.     Sebutkan hukum pembagian hukum nun  mati dan tanwin

·       Menjelaskan perbedaan hukum bacaan Idzhar, idgham, iqlab dan ikhfa



Tes tulis
Tes tulis
4.    Jelaskan hukum bacaan idzhar disertai contohnya !
5.    Jelaskan arti hukum bacaan idgham disertai bagian-bagian dan contohnya !
6.    Jelaskan arti hukum bacaan iqlab disertai contohnya !
7.    Jelaskan arti hukum bacaan ikhfa disertai contohnya !
2 x 40 menit
*  Menyebutkan huruf-huruf idzhar, idgam, iqlab dan ikhfa

Tes tulis
Tes tulis
8.     Sebutkan huruf idzhar, idgham, iqlab dan ikhfa

1.2.  Menerapkan hokum baca an Nun Mati/Tanwin dengan baik dan benar 
Siswa mampu memperaktekkan hokum bacaan Nun Mati/Tanwin pada surat-surat pendek.
·       Mengidnetifikasi hokum bacaan nun mati dan tanwin pada al-Qur’an
Tes tulis
Uraian



Identifikasi
9.    Jelaskan hokum bacaan nun mati dan tanwin pada QS. Al Fatihah !

10.   Identifikasikan hokum bacaan idzhar, Idgham, Iqlab dan Ikhfa pada QS. Al ‘Ala

Standar Kompetensi : 2. Memahami bacaan tafhim, tarqiq pada Lam Jalalah

2.1.  Menjelaskan Hukum baca- an Tafkhim dan Tarqiq pada Lafdzul Jalalah
Bacaan tarqiq dan tafhim pada Lamul Jalalah
Siswa mampu menjelaskan hokum bacaan tafkhim dan tarqiq pada  lamul jalalah dengan baik dan benar





 Siswa mampu memperaktekkan hokum bacaan tafkhim dan tarqiq pada  lamul jalalah dengan baik dan benar
·  Menjelaskan pengertian Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar

·  Menuliskan contoh Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar

Tes lisan




Tes tulis
Jawaban singkat




Uraian
1.     Apakah perbedaan arti tafkhim dan tarqiqi ?
2.     Sebutkan alasannya lamul jalalah yang dibaca tafkhimm dan tarqiq

3.     Tulislah contoh lamul jalalah yang dibaca tafkhim dan tarqiq
2 x 40 menit
Buku Tajwid,
Al-qur;an
Yanbu’a lain yang
2..2. Memperak-tekkan Hukum bacaan Tafkhim dan Tarqiq pada Lafdzul Jalalah


·  Melafalkan contoh Hukum bacaan Tafkhim dalam Lafdzul Jalalah dengan benar





Tes tulis
Unjuk kerja
4.     Bacalah hokum bacaan Lamul Jalalah yang dibaca Tafkhim dan Tarqiq
5.     Kelompokkan lamul jalalah pada QS. Al Fatihah dengan tepat !
2 x 40 menit

Standar Kompetensi (Membaca) : 3. Menerapkan hokum bacaan qalqalah dan Ra 

3.1.  Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar

Hukum bacaan qalqalah dan Ra





Siswa membaca dan menelah berbagai iteratur tentang hukum bacaan qalqalah dan Ra hingga dapat menjelaskannya.



·      Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah dan Ra.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah dan Ra !
1 x 40 menit
Al-Qur’an & terjemah
 Buku Tajwid
 CD muratal
·     Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan Ra
·     Menyebutkan contoh-contohnya.



Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah, Ra dan sebutkan contohnya masing-masing!
2 x 40 menit
3.2.  Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan RA dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar
Siswa membaca surat-surat pendek dalam al-Quran untuk dapat menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dengan benar.

·     Membaca bacaan qalqalah dan Ra dengan benar.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah potongan ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan hukum bacaan qalqalah dan Ra :
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ
حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
وَاْلعَادِيَاتِ ضَبْحًا يَوْمَ
 تُبْلَى السَّرَائِرُ
3 x 40 menit
Al-Qur’an
Buku Tajwid
Yanbu’a

Standar kompetensi: 4. Menghafal al-Qur’an al-surat-surat pendek: at-takatsur sampai adduha Annas-al-Asyr

10.1. Menghafal al-Qur’an al-surat-surat pendek Annas sampai Attakatsur
Hafalan juz ‘ama

Siswa mampu menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Annas sampai Attakatsur
Menghafal al-Qur’an surat-surat pendek: Annas sampai Attakatsur

Tes hafalan
Praktek
Bacalah al-Qur’an surat-surat pendek: Annas sampai Attakatsur
6x 40 menit
Juz Amma, al-Qur’an

   


             Mengetahui                                                                                                                                                         Guru Mata Pelajaran BTQ
 Kepala MTs ………………..




          ………………………….                                                                                                                                            …………………………….
          NIP. 150 282 601

Komentar